Berakhir Namun Berawal

Samsul Zakaria, S.Sy., M.H
(Hakim Pratama Pengadilan Agama Natuna Kelas II)

 

Selasa, 14 April 2020. 14.00 WIB. Adalah rangkaian angka yang cantik. Semoga menjadi doa. Tentang indahnya dinamika perjalanan panjang. Pengabdian kepada Sang Maha Adil. Juga kepada agama, nusa, dan bangsa.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah sebagai Hakim Pengadilan Agama (PA) Natuna Kelas II. Prosesi yang tak lebih dari setengah jam tersebut menjadi penanda. Bahwa rangkaian proses Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim (PPC) Terpadu benar-benar berakhir. Selanjutnya saya mengawali perjalanan panjang nan berliku. Perjuangan penegakan keadilan bersama para Hakim lainnya.

Di balik berakhirnya satu aktivitas, deretan pekerjaan lain menanti. Bahwa istirahat hanyalah pergeseran pekerjaan saja (intiqaalul ‘amal). “Fa idzaa faraghta fanshab. Wa ilaa Rabbika farghab.” Demikian QS al-Insyirah dengan sangat indah menasihatkan. Sepanjang nafas masih berhembus, tiada kata akhir yang hakiki. Karena akhiran adalah awalan. Begitu seterusnya.

Terima kasih kepada almarhum ayah dan ibu atas ikhtiar terbaik dan doa-doa tulusnya. Juga kedua mertua yang tiada henti memanjatkan pinta. Teruntuk isteri tercinta, Alif Maelani, S.Pd.I (alifmaelani) yang tak pernah habis kasih sayangnya. Untuk guru-guru saya yang mengajari huruf-huruf Hijaiyah, baca tulis hitung di madrasah, hingga bangku kuliah.

Ucapan terima kasih terkhusus untuk guru saya. Dialah yang paling support saya menjadi Hakim. Selalu berbagi informasi tentang dunia kehakiman. Qadarullaah, saya tidak bisa berkabar langsung kepadanya. Sebab, dia sudah paripurna tugasnya di dunia. Allaahummaghfir li Ustadzina, Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, S.H., M.Hum. Tanpa terkecuali guru-guru saya di Program Studi Ahwal Syakhshiyah (prodias_uii) Fakultas Ilmu Agama (fiai_uii) Universitas Islam Indonesia (uiiyogyakarta).

اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا ما ينفعنا وارزقنا علوما تنفعنا في الدين والدنيا والآخرة. آمين…

Natuna, 25 April 2020

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *