Lecturer Series International Program Ahwal Syakhshiyah

Setelah berhasil menjalin beberapa kerja sama dengan USIM, program studi Ahwal Syakhsiyah Universitas Islam Indonesia kembali menjalin kerjasama yang di kemas dengan judul Ahwal Syakhsiyah_ Lecture Series_. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 November hingga 10 Desember 2021 yang terdiri dari berbagai macam rangkaian acara. Ada 8 kegiatan yang diangkat dalam rangkaian acara Lecture Series _tersebut, diantaranya ada _guest lecture. Pada sesi ini prodi Ahwal Syakhsiyah UII mendatangkan dosen asing untuk mengajar di kelas-kelas besar yang boleh diikuti oleh seluruh mahasiswa Ahwal Syakhsiyah. Dalam hal ini, mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui form yang telah disediakan. Kemudia sesi yang lain adalah co-teaching, yaitu dosen-dosen program studi Ahwal Syakhsiyah UII diminta untuk mengajar di USIM dengan durasi satu pertemuan. Kemudian dua sesi lainya diisi dengan kegiatan studi islam FIAI UII, dan sisanya merupakan Lecture Exhange UII dan USIM.
Kegiatan tersbut dilaksanan sebagai respon program studi Ahwal Syakhsiyah terhadap kurikulum MBKM, yaitu bertujuan untuk Internationalisasi prodi guna untuk memperkuat jalinan kerjasama antara UII dengan USIM dan sebagai pembuka untuk peluang-peluang kedepanya seperti student exchange, credit transfer, bahkan dual degree. Dalam pelaksanannya acara tersebut berjalan dengan lancar dan diikuti oleh sebagian besar mahasiswa prodi Ahwal Syakhsiyah dengan antusias yang tinggi. Dalam hal ini , prodi juga memberikan akses komunikasi dua arah antara dosen asing dengan mahasiswa sehingga mahasiswa dapat berinteraksi secara langsung baik dengan bertanya maupun memberikan pernyataan terkait topik yang dibawakan. Hal tersebut tentu sangat membantu untuk mempersiapkan mahasiswa sehingga dapat mengikuti perkuliahan dengan skala internasional. Sehingga kedepannya akan mempermudah mahasiswa yang akan mengikuti student exchange maupun kegiatan serupa lainnya.
Setalah menjalin kerja sama yang dilaksanakan selama hampir dua pekan tersebut, diharapkan USIM dan UII dapat menjalin kegiatan-kegiatan yang lebih besar dan berkualitas lagi kedepannya, baik melibatkan dosen maupun mahasiswa. Sehingga hal tersebut dapat menjadi jembatan dalam upaya internasionalisasi prodi dan melahirkan mahasiswa-mahasiswa maupun dosen pilihan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.