Delapan mahasiswa Ahwal Syakhshiyah International Program menjadi pemerhati Pertandingan Penghujahan Mahkamah Syariah Peringkat Kebangsaan 2018 (PPMS)

Sebanyak delapan orang mahasiswa Program Studi Ahwal Syakhshiyah (PSAS) International Program (IP) angkatan 2016 beserta dua orang pembimbing menjadi tamu undangan atau pemerhati pada Pertandingan Penghujaan Mahkamah Syariah Peringkat Kebangsaan 2018 (PSMS) yang diselenggarakan oleh Fakulti Syariah dan Undang-Undang (FSU) Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 2018 bertempat di gedung perkuliahan FSU USIM Bandar Baru Nilai Negeri Sembilan Darul Khusus.

Adapun delapan orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Abdussalam Zainal Arifin, Syahmirwan, Putra Rahmadani, Muhammad Ikram, Juwandi Purnama, Tommy Pratama, Harunian Ahmad dan Rizqon, ikut serta dua orang pembimbing yang terdiri dari dosen yaitu M. Miqdam Makfi, Lc., MIRKH. dan staff PKBHI Aldinto Irsyad Fadzurrahman, S.H.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini  diikuti oleh beberapa kampus yang ada di Malaysia serta turut pula diikuti oleh salah satu kampus yang ada di Brunei Darussalam. Pertandingan Penghujahan Mahkamah Syariah ini sama halnya seperti pertandingan atau perlombaan sidang semu yang dilaksanakan oleh kampus-kampus di Indonesia. Namun tentunya karena terdapat perbedaan sistem hukum antara Indonesia dan Malaysia maka sumber hukum yang digunakan juga berbeda.

Mengenai maksud dan tujuan diikut sertakan delapan orang mahasiswa PSAS IP sebagai pemerhati pertandingan tersebut adalah sebagai bantu loncatan bagi mahasiswa PSAS selanjutnya untuk bersiap menjadi peserta pertandingan tersebut di kemudian hari, hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh pihak FSU USIM yang menjadi tuan rumah. Selain itu momen ini juga digunakan oleh pihak kampus khususnya PSAS untuk mengunjungi mahasiswa IP lainnya yang sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa di FSU USIM.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *