International Lecture PSAS JSI FIAI UII

(Yogyakarta) International Lecture adalah suatu program perkuliahan internasional yang mana mengahdirkan dosen darei luar negeri serta penyampaian pengajarannya menggunakan bahasa asing. Kini Program Studi Hukum Keluarga Ahwal syakhshiyah menghadirkan beberapa dosen dari negara yang berbeda-beda yaitu pemateri pertama adalah dosen USIM (Malaysia) Dr. Setyawan Bin Gunardi yang dilaksanakan pada Rabu, 2 Desember 2020 dengan materi  اقسام الاحكام الشريعة “”, kemudian pemateri kedua adalah dosen USIM (Malaysia) Dr. Muneer Ali Abdul Rab yang dilaksanakan pada Kamis 3 Desember 2020 dengan materi ” الضرر يزال ”  dan Pemateri ketiga adalah dosen Central University of Kashmir (India) Prof Hamidullah Marazi yang dilaksanakan pada Kamis 10 Desember 2020  dengan materi “Islamic Worldview and Epistemology” . Perkuliahan ini dilaksanakan melalui via zoom.

International Lecture dengan pemateri Dr. Setyawan Bin Gunardi dan moderator Fuat Hasanudin Lc., MA.

Pada materi ini diterangkan bahwa ahkam assyari’ah mencakup tentang konsep idiologi pada perbuatan mukallaf yang mencakup segala perbuatan (wadh’i) seperti sebab, syarat, mani’, dan azimah.

 

Internatonal Lecture dengan pemateri Dr. Muneer Ali Abdul Rab dan moderator Dr. Drs. Asmuni, MA.

Pada materi ini diterangkan bahwa dilarang menggunakan kemudhorotan untuk menghapus kemudhorotan lain. Adanya Batasan kebebasan untuk ketentraman dalam hidup bersosial, maka kita harus menghindari yang namanya mengusik ketentraman orang lain. Jika menjumpai suatu permasalahan yang telah dibuat orang lain tak perlu kita mengingatkannya dengan memunculkan masalah lain.

 

International Lecture dengan pemateri Prof. Hamidullah Marazi dan moderator M. Miqdam Makfi, Lc., MIRKH

Pada materi ini diterangkan bahwa Islamic worldview dan Islamic epistemology dimotori dari konsep tauhid. Segala sesuatu yang telah ditetapkan, dirundingkan, ditemukan oleh dunia, dimanfaatkan oleh dunia itu semua kembalinya untuk Allah.

Program International Lecture ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan mutu keahlian mahasiswa dalam berbahasa asing dan bertambahnya ilmu ilmu baru dari negara lain, serta menciptakan hubungan relasi dengan universitas dosen terkait Sasaran dari program ini adalah mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Ahwal Syakhshiyah. Banyaknya antusias mahasiswa yang terlihat baik dari diskusi ataupun pertanyaan – pertanyaan yang diajukan kepada pemateri membuahkan hasil apresiasi dari para pemateri International Lecture. [msh]

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *