Kolaborasi Internasional: Lima Mahasiswi Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) Kunjungi program studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) untuk Memahami Industri Halal di Indonesia

Program Studi Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyah (Prodi AS) menggelar acara International Short Course on Halal Practices in Indonesia and Malaysia pada Sabtu (02/12) di Gedung Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI). Agenda ini dirancang untuk memberikan peserta pemahaman mendalam tentang standar halal, proses sertifikasi, dan tren industri halal di Indonesia.

Momentum ini juga merupakan kelanjutan dari keberhasilan Student Mobility sebelumnya, yang mengirim sepuluh mahasiswa Prodi AS ke Malaysia. Pada kesempatan kali ini, lima mahasiswi dari Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) berkunjung ke Indonesia, menambah keberagaman pandangan dan pengalaman.

Tiga materi unggulan memperkaya agenda ini. Dr. Nur Kholis, SEI., M.Sh.Ec. (FIS Vice Dean, Majelis Ulama Indonesia) membuka dengan tema “Fundamentals of Understanding Halal in Indonesian Contexts”. Dr. Setiyawan Gunardi (Head of Halal Industry Program at USIM) melanjutkan dengan tema “Fundamentals of Understanding Halal in Malaysian Contexts”, diikuti oleh penutup dari Dr. Imelda Fajriati, M.Si. (Head of Halal Center at UIN Sunan Kalijaga) dengan tema “Implementation of Halal Product Assurance in Indonesia”.

Bagi mahasiswi Malaysia, agenda ini bukan hanya peluang untuk belajar, tetapi juga pemandangan yang sangat menarik. Noor Atiqah Aqilah, salah satu mahasiswi USIM, menyatakan, “Sangat menarik untuk mempelajari bagaimana halal diterapkan di Indonesia dan kewajiban mendapatkan sertifikat halal.” Sementara Nur’ain Syakirah (Syakirah) mengekspresikan kekagumannya terhadap Indonesia, “Indonesia negara yang sangat besar dan saya yakin, meskipun saya tinggal di sana selama setahun, saya tidak akan punya cukup waktu untuk menjelajahi semuanya di sana.” (MA)