Sharia Fest Days 2021

Merupakan kegiatan rutin Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) JSI FIAI UII yang di adakan setiap tahunnya. Dengan mengadakan 3 kategori perlombaan yaitu:
1. Dakwah Bahasa Arab
2. Dakwah Bahasa Indonesia
3. Puisi Islami

Peserta perlombaan tersebut merupakan siswa/i SMA/Sederajat & Pondok Pesantren di Nusantara. Dan ditutup dengan kegiatan Webinar yang di adakan pada Sabtu, 07 Agustus 2021 dengan tema “Generasi Emas Kebanggan Allah” yang di sampaikan oleh Ust. Abuss al-Halimi (Motivator, Trainer, dan Author Quantum Miracle) dengan di moderatori oleh Putri Jannatur Rahmah

Prodi AS FIAI UII Yogyakarta, memiliki keunggulan dalam manajemen pembelajaran dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang sangat baik serta didukung dengan jaringan institusi yang berkualitas baik nasional maupun internasional.

Apresiasi terhadap mahasiswa yang tekun dan berprestasi tidak diragukan lagi. Sehingga mahasiswa leluasa mengembangkan keilmuan, keahlian, dan keterampilan di kampus ini sebagai modal calon alumni yang mumpuni. Saya bangga menjadi alumni Prodi AS FIAI UII.

Peneliti dan Dosen UIN Walisongo, Semarang
(Alumnus Prodi Ahwal Syakhshiyah Angkatan 2010)

International Lecture PSAS JSI FIAI UII

(Yogyakarta) International Lecture adalah suatu program perkuliahan internasional yang mana mengahdirkan dosen darei luar negeri serta penyampaian pengajarannya menggunakan bahasa asing. Kini Program Studi Hukum Keluarga Ahwal syakhshiyah menghadirkan beberapa dosen dari negara yang berbeda-beda yaitu pemateri pertama adalah dosen USIM (Malaysia) Dr. Setyawan Bin Gunardi yang dilaksanakan pada Rabu, 2 Desember 2020 dengan materi  اقسام الاحكام الشريعة “”, kemudian pemateri kedua adalah dosen USIM (Malaysia) Dr. Muneer Ali Abdul Rab yang dilaksanakan pada Kamis 3 Desember 2020 dengan materi ” الضرر يزال ”  dan Pemateri ketiga adalah dosen Central University of Kashmir (India) Prof Hamidullah Marazi yang dilaksanakan pada Kamis 10 Desember 2020  dengan materi “Islamic Worldview and Epistemology” . Perkuliahan ini dilaksanakan melalui via zoom.

International Lecture dengan pemateri Dr. Setyawan Bin Gunardi dan moderator Fuat Hasanudin Lc., MA.

Pada materi ini diterangkan bahwa ahkam assyari’ah mencakup tentang konsep idiologi pada perbuatan mukallaf yang mencakup segala perbuatan (wadh’i) seperti sebab, syarat, mani’, dan azimah.

 

Internatonal Lecture dengan pemateri Dr. Muneer Ali Abdul Rab dan moderator Dr. Drs. Asmuni, MA.

Pada materi ini diterangkan bahwa dilarang menggunakan kemudhorotan untuk menghapus kemudhorotan lain. Adanya Batasan kebebasan untuk ketentraman dalam hidup bersosial, maka kita harus menghindari yang namanya mengusik ketentraman orang lain. Jika menjumpai suatu permasalahan yang telah dibuat orang lain tak perlu kita mengingatkannya dengan memunculkan masalah lain.

 

International Lecture dengan pemateri Prof. Hamidullah Marazi dan moderator M. Miqdam Makfi, Lc., MIRKH

Pada materi ini diterangkan bahwa Islamic worldview dan Islamic epistemology dimotori dari konsep tauhid. Segala sesuatu yang telah ditetapkan, dirundingkan, ditemukan oleh dunia, dimanfaatkan oleh dunia itu semua kembalinya untuk Allah.

Program International Lecture ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan mutu keahlian mahasiswa dalam berbahasa asing dan bertambahnya ilmu ilmu baru dari negara lain, serta menciptakan hubungan relasi dengan universitas dosen terkait Sasaran dari program ini adalah mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Ahwal Syakhshiyah. Banyaknya antusias mahasiswa yang terlihat baik dari diskusi ataupun pertanyaan – pertanyaan yang diajukan kepada pemateri membuahkan hasil apresiasi dari para pemateri International Lecture. [msh]

 

 

(Yogyakarta) Pendampingan calon alumni merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh prodi hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) guna mencetak generasi yang dapat selalu mengharumkan citra baik serta bermanfaat untuk umat. Pada tanggal 5, 7, dan 8 November 2020 lalu Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) telah melaksanakan agenda “Pendampingan Calon Lulusan dan Alumni” yang dilaksanakan secara online dengan beberapa pamateri inspiratif di bidang Notaris yang disampaikan oleh Bpk Nurhadi Darussalam, SH., M.Hum., Not., Bpk M. Ikhwanul Muslimin, S.H., Not., dan Bpk Iriyanto, S.H., M.M., Not., lalu dari bidang Advokat disampaikan oleh Bpk Zamzam Wathoni, S.H., kemudian Ahli TPA disampaikan oleh Bpk Ahmad Soleh, S.H., dan Hakim Pengadilan Agama disampaikan oleh Bpk Samsul Zakaria, S.Sy., M.H., yang mana merupakan salah satu alumni Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

Dari agenda Pendampingan Calon Lulusan dan Alumni kemarin banyaknya nilai positif seperti mendapat materi tentang bagaimana seorang alumni meraih kesuksesan dunia akhirat, bagaimana seorang alumni dapat selalu berperan untuk umat sekitar bahkan bagi bangsa dan negara, dan pastinya mendorong para calon alumni untuk memiliki fikiran perspektif kedepan dan tentunya lebih selektif untuk menentukan perkara yang hak dan batil.

Banyak mahasiswa yang sangat antusias mengikuti agenda ini, serta lontaran – lontaran apresiasi dari mahasiswa untuk agenda ini perlu diselenggarakan rutin tiap tahunnya mengingat pentingnya agenda ini dapat membantu para calon alumni untuk menentukan melalui langkah kesuksesan mana yang lebih tepat untuk diraih. [msh]

 

 

Yogyakarta –  31 Oktober 2020 sampai dengan 01 November 2020 Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) JSI FIAI UII telah melaksanakan salah satu kegiatan yaitu “Pelatihan PKPA” yang diadakan secara online malalui zoom. Munculnya kegiatan tersebut dikarenakan adanya kebutuhan bagi para calon lulusan maupun alumni dalam menghadapi dunia kerja. Salah satu Capaian Lulusan Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) adalah menjadi seorang entrepreneur syariah, yaitu salah satunya adalah menjadi seorang advokat syariah. Meskpun didalam kurikulim Program Studi sudah mengajarkan berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan advokat syariah, namun demi membuka pandangan bagi para calon lulusan maupun alumni Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) kegiatan ini diadakan meskipun secara online.

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah salah satu dan yang paling utama yaitu meningkatkan ketrampilan praktis kemampuan penerapan ilmu yang dipelajari selama ini serta memberikan bekal keterampilan hukum dalam persiapan memasuki dunia kerja nantinya.

Sehingga dalam kegiatan ini, Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) JSI FIAI UII mendatangkan 6 narasumber untuk menjadi pembicara dalam acara “Pelatihan PKPA” ini. Yaitu:

  1. Moh Najib, SH., M.Hum.
  2. Heru Setyowati, SH.,MH
  3. Kartika Nova Diankusuma, SH
  4. Dr (Cand) Yustinus Bowo Dwinugroho
  5. Adhi Satrija, SH
  6. Siti Roswati Handayani, SH.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pesertanya adalah mahasiswa calon lulusan dan alumni Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) JSI FIAI UII. [aif]

PENGUMUMAN PRAKTIK HUKUM DAN MAGANG

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Diberitahukan kepada Mahasiswa Praktik Hukum dan Magang Semester Ganjil TA 2020/2021 bahwasannya:
1. Surat Permohonan Praktik Hukum dan Magang baik di Regional Jogja maupun Luar Jogja sudah terkirim via email Prodi per jam 10.14 WIB.
2. Diharapkan setiap kelompok yang secara khusus di Luar Jogja untuk mengkonfirmasi ulang kepada pihak Pengadilan Agama nya masingmasing.
3. Jika pihak Pengadilan Agama meminta surat secara langsung / hard, file bisa di download di http://bit.ly/BerkasPraktikHukumMagang2020
4. Berikut kami sampaikan pembagian kelompok Praktik Hukum dan Magang.
5. Jika ada kesalahan atau keperluan yang lainnya harap segera menghubungi yang berwenang.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

 

File pembagian kelompok dapat download di bawah ini:

PA Luar Jogja PA Sleman PA Bantul

Penandatanagan MoU Kerjasama Antara Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

dengan PonPes Darunnajah Jakarta

 

(Sleman) Ikon pendidikan bertaraf internasional telah melekat pada Universitas Islam Indonesia (UII), karena sejak tahun 1996 UII telah menjadi pelopor berdirinya program internasional pada perguruan tinggi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan angka kualitas lulusan (outcome) Program Studi, maka Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) melakukan langkah strategis di antaranya yaitu menjalin kerja sama dengan Lembaga Pendidikan Internasional LIPIA Jakarta dan menjaring mahasiswa baru dari Lembaga Pendidikan atau Pondok Pesantren yang kompetitif di Indonesia yaitu Darunnajah Islamic Boarding School, Jakarta pada tanggal 04-05 Desember 2018

Beberapa rencana kegiatan disusun bersama untuk dapat melaksanakan student exchange sekaligus lecturer exchange dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa program atau kelas internasional yang ada pada Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

Selanjutnya, sambutan hangat diberikan oleh Ketua I Yayasan Darunnajah yaitu Ust. Drs. KH. Mustofa Hadi Chirzin, didampingi oleh Anggota Dewan Nadzir Yayasan Darunnajah Ust. Drs. H. Aunur Rafiq, M.M., beserta segenap pimpinan dan pengajar di lingkungan Yayasan kepada Tim Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah).

Hubungan kerja sama antara Tim Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) dengan Yayasan Darunnajah ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Kaprodi Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) yaitu Prof. Dr. Amir Mua`llim, MIS. dengan Ust. Drs. KH. Mustofa Hadi Chirzin, Ketua I Yayasan Darunnajah. Dengan penandatangan MoU ini kedua belah pihak diharapkan memperoleh kemaslahatan,  diantaranya adalah untuk penguatan kelas internasional pada Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) yaitu mencetak generasi Rabbani dan mumpuni di kemudin hari.[nj]

 

 

Workshop Peningkatan Metode Pembelajaran Bahasa Arab

di Hotel Harper  Mangkubumi, Yogyakarta

(Sleman) Metode pembelajaran adalah faktor penting dalam mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam rangka memantapkan kemahiran berbahasa Asing khususnya Bahasa Arab pada mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) maka Program Studi memiliki inisiatif menyelenggarakan Workshop Peningkatan Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah). Kegiatan ini diikuti oleh para pengajar (tutor) dan dosen di lingkungan Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), Jurusan Studi Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, UII pada 28 September 2019 di Hotel Harper  Mangkubumi, Yogyakarta.

Dalam kegiatan ini, Tim Penyelenggara menghadirkan pembicara (native speaker) berkebangsaan Sudan yaitu Dr. Abdalla Shobak Mohamed Shobak yang hingga saat ini menjadi pengajar Bahasa  Arab di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta. Selanjutnya, para peserta dibersamai oleh Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA. yang merupakan dosen UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta sekaligus Anggota Wali Amanah Dewan Bahasa Arab Internasional.

Tema workshop ini diuraikan dengan metode yang sangat interaktif dan menarik sehingga para peserta sangat antusias mengiikuti kegiatan ini hingga  akhir kegiatan.  Prof. Dr. Amir Mua`llim, MIS. selaku Kaprodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) membuka dan menyambut dengan hangat para narasumber serta peserta workshop sekaligus menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para pengajar Bahasa Arab di lingkungan Program Studi sehingga kedepan mahasiswa dapat mengembangkan diri dan meningkatkan prestasi mereka karena memiliki pengusaan terhadap referensi asing. [nj]

Delapan mahasiswa Ahwal Syakhshiyah International Program menjadi pemerhati Pertandingan Penghujahan Mahkamah Syariah Peringkat Kebangsaan 2018 (PPMS)

Sebanyak delapan orang mahasiswa Program Studi Ahwal Syakhshiyah (PSAS) International Program (IP) angkatan 2016 beserta dua orang pembimbing menjadi tamu undangan atau pemerhati pada Pertandingan Penghujaan Mahkamah Syariah Peringkat Kebangsaan 2018 (PSMS) yang diselenggarakan oleh Fakulti Syariah dan Undang-Undang (FSU) Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 2018 bertempat di gedung perkuliahan FSU USIM Bandar Baru Nilai Negeri Sembilan Darul Khusus.

Adapun delapan orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Abdussalam Zainal Arifin, Syahmirwan, Putra Rahmadani, Muhammad Ikram, Juwandi Purnama, Tommy Pratama, Harunian Ahmad dan Rizqon, ikut serta dua orang pembimbing yang terdiri dari dosen yaitu M. Miqdam Makfi, Lc., MIRKH. dan staff PKBHI Aldinto Irsyad Fadzurrahman, S.H.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini  diikuti oleh beberapa kampus yang ada di Malaysia serta turut pula diikuti oleh salah satu kampus yang ada di Brunei Darussalam. Pertandingan Penghujahan Mahkamah Syariah ini sama halnya seperti pertandingan atau perlombaan sidang semu yang dilaksanakan oleh kampus-kampus di Indonesia. Namun tentunya karena terdapat perbedaan sistem hukum antara Indonesia dan Malaysia maka sumber hukum yang digunakan juga berbeda.

Mengenai maksud dan tujuan diikut sertakan delapan orang mahasiswa PSAS IP sebagai pemerhati pertandingan tersebut adalah sebagai bantu loncatan bagi mahasiswa PSAS selanjutnya untuk bersiap menjadi peserta pertandingan tersebut di kemudian hari, hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh pihak FSU USIM yang menjadi tuan rumah. Selain itu momen ini juga digunakan oleh pihak kampus khususnya PSAS untuk mengunjungi mahasiswa IP lainnya yang sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa di FSU USIM.