Mengukir Prestasi Kilat: Kisah Sukses Lima Mahasiswa Hukum Keluarga UII Lulus Cepat dalam 3 Tahun 4 Bulan

Menyelesaikan studi perkuliahan dalam waktu 3,5 tahun dan meraih gelar akademik di usia muda merupakan cita-cita banyak mahasiswa. Dengan lulus cepat tidak hanya mengurangi beban orang tua terkait biaya kuliah, tetapi juga memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman karier lebih awal. Namun untuk bisa mendapatkan semua itu bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang bisa meraihnya.

Lima mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga/Ahwal Syakhshiyah (Prodi AS) di Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menyelesaikan studi mereka dengan waktu yang sangat singkat, hanya dalam rentang 3 tahun 4 bulan. Kelima mahasiswa tersebut adalah:

  1. Nail Nazah (20421035)
  2. Ihklas Hakiki (20421057)
  3. Ratasya Maharani (20421077)
  4. Zakia Shalsabilla (20421127)
  5. Sina Mulya Cahyana (20421111)

Keberhasilan mereka tentu tidak didapatkan dengan mudah. Di balik prestasi tersebut, terdapat perjuangan keras dan berat yang patut dijadikan pembelajaran bagi kita semua. Yuk kita simak lebih dalam perjalanan luar biasa mereka!

Niat yang kuat dan positif menjadi pondasi

Niat yang kuat dan positif menjadi kunci utama sebagai pondasi kokoh bagi kita. Niat yang kuat menjadi pendorong utama kita melewati tantangan dan rintangan. Adapun Ketika hati kita dipenuhi dengan tekad yang positif, energi positif pun mengalir melalui setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil.

“Pas pertama-tama mau masuk kuliah itu udah nargetin gitu. Aku kalau bisa usahain maksimal tiga tahun setengah itu udah lulus alasannya ya saya gak mau banyak bebanin orang tua sih karena kan saya anak pertama terus ngerantau jadi gimana caranya saya bisa lulus kemudian cari kerja agar bisa ngurangin beban mereka.” Jelas Ratasya Maharani (Rara)

Perencanaan perkuliahan yang matang

Kemudian perencanaan perkuliahan yang matang merupakan kunci kesuksesan dalam meraih kelulusan. Ibaratnya kita mau mencari harta karun nih perencanaan kuliah itu petanya. Seperti yang dijelaskan Nail Nazah (Nail) yang tidak hanya mampu lulus cepat tapi juga mampu meraik ipk tinggi 3,97.

“Yang penting kita itu ada kemauan dulu, terus kita ada komitmen juga, terus kita rajin konsultasi sama Dosen Pembimbing Akademik (DPA). Nah sama DPA nanti diarahkan untuk bisa segera Seminar Proposal (SemPro) Skripsi di semester 6. Jadi setelah KKN kita ngajuin judul ke Sekertaris Prodi (SekProd) trus semester 6 harus sudah sempro. Jadi setelahnya tinggal nyelesaiin skripsi sampai semester 7. Trus lulus deh”. ujar Nail.

Foto Pasca Sidang Nail Nazah

Disiplin dan managemen waktu yang baik

Disiplin dan manajemen waktu yang baik juga gak kalah penting nih. Dengan memiliki disiplin yang tinggi, kita dapat mengelola waktu dengan lebih baik, tau prioritas, dan menghindari pemborosan waktu pada hal-hal yang kurang penting. Tapi memang enggak mudah sih, cuma bukan berarti enggak mungkin ya. Seperti temen kita, meskipun kerja tapi kuliahnya tetep sukses lo.

“Pas masih kuliah sambil kerja itu kan, kalo saya kuliah misal pagi dari jam 7 pulangnya nanti jam 12, setelahnya setengah 2 kerja sampai jam 9 malem itu bener-bener non-stop itu paling capeknya disitu, Jadi ngorbanin badan dan waktu. Tapi karena inget orang tua nunggu dirumah jadi trus termotivasi untuk bisa lulus cepat”. Jelas Ikhlas Hakiki (Hakiki).

Perjuangan melawan kemalasan

Kemalasan juga seringkali menjadi hambatan dalam meraih tujuan kita . Jika terbiasa dengan kemalasan kita cenderung menunda-nunda pekerjaan sehingga tidak selesai tepat waktunya, Oleh karena itu, penting untuk mengenali dan mengatasi kemalasan.

“Untuk melawan kemalasan intinya ada gerakan dari hati diri sendiri. Trus jangan sering-sering di kost, Soalnya kan kalo udah di kost, kalau liat kasur gitu, aduh, pengennya rebahan. Makanya saya suka keluar gitu buat ngerjainnya. kadang bareng sama temen-temen diskusi jadi kan bisa saling sharing”. jelas tip dan trik Nail dalam menangani kemalasannya. 

Support orang tua sebagai motivasi dan self healing

Dukungan orang tua juga memiliki peran penting loh untuk mengatasi stres dan tekanan hidup kita. Dukungan orang tua bisa menjadi support sistem untuk membantu mengelola emosi, menguatkan mental, dan menambah motivasi untuk mencapai potensi maksimal kita. Hal ini dirasakan juga oleh teman-teman kita. Hakiki bercerita:

“Saya itu Video Call (VC) sama orang tua setidaknya seminggu sekali. Yang dirasain itu setelah VC sama orang tua pastinya menambah motivasi dan rasanya jadi tenang, bagi saya kata-kata orang tua itu menenangkan”.

            Pengalaman yang serupa juga dirasakan oleh nail. Ia yang setiap hari VC dengan orang tuanya alih-alih bosan mendapat nasihat setiap hari justru merasa senang dan menjadi motivasi disetiap harinya.

“Justru malah seneng, justru dari setiap hari VC itu nambah semangat setiap harinya”. Jelas Nail.

Nah itu dia nih perjalanan temen-temen kita dalam meraih kelulusannya. Suka dan duka telah mereka lalui pengorbanan waktu dan tenaga setiap harinya demi mencapai cita-cita yang selalu diharapkan. Kemalasan pun selalu menyerang tanpa henti. Akan tetapi dengan tekat kuat, konsistensi dan support dari orang tua mereka bisa melaluinya. Yuk kita jadikan kisah mereka sebagai motivasi untuk meraih cita-cita kita! (MA)