,

Kuliah Daring di Ahwal Syakhshiyyah UII? Wow Banget!!!

Sejak masa awal Covid 19 pada tahun 2020, Universitas Islam Indonesia, khususnya Program Studi Hukum Keluarg (Ahwal Syakhshiyah) berusaha untuk selalu beradaptasi dengan kondisi pandemi yang semakin menjadi. Pembelajaran dalam jaringan secara online menjadi keharusan yang tak dapat ditawar. Hingga informasi ini ditulis, Ahwal Syakhshiyah masih menyelenggarakan pembelajaran secara online dan menghindari tatap muka untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan berbagai variannya.

Melakukan pembelajaran online tanpa ada pertemuan langsung antara dosen dan mahasiswa memunculkan tantangan dan penglaman yang serba baru bagi semua pihak. Dalam rangka memaksimalkan kualitas pembelajaran online tersebut, UII, khususnya Prodi Ahwal Syakhshiyah berusaha untuk menyedikan berbagai fasilitas pendukung.

Hal pertama dan utama yang patut dibanggakan adalah layanan premium berbagai akun penting yang telah dilanggan oleh UII dan khususnya Prodi Ahwal Syakhshiyah. Seluruh email dosen dan mahasiswa merupakan email pendidikan premium yang terintegrasi dengan berbagai layanan premium pendidikan oleh Google seperti email pendidikan Google, Google Classroom, Google Calendar, Google Suite untuk beberapa kondisi, Google Meet, Google Drive, Google Form, dan layanan lain dari Google.

Fasilitas lain yang disediakan adalah akun premium Zoom bagi seluruh dosen UII. Berbeda dengan beberapa kampus lain yang hanya menyediakan beberapa akun premium Zoom, UII berkomitmen penuh dalam pendidikan daring hingga berani memberikan akun Zoom premium bagi masing-masing dosen UII. Imbasnya, seluruh kelas dapat dilaksanakan bersamaan karena masing-masing dosen memiliki akun Zoom personal premium masing-masing. Berintegrasi dengan Zoom, UII juga melanggan aplikasi Panopto agar penggunaan kedua aplikasi ini lebih efektif.

Pihak Program Studi Ahwal Syakhshiyah sendiri juga melanggan beberapa layanan premium khusus untuk kepentingan pembelajaran Prodi Ahwal Syakhshiyah. Screen Cast O Matic dan Grammarly adalah 2 fasilitas utama yang dilanggan oleh Prodi Ahwal Syakhshiyah. Yang pertama adalah aplikasi yang dapat mempermudah perekaman layar dan pembuatan video pembelajaran berbasis layar laptop. Grammarly adalah aplikasi khusus untuk koreksi dan editing tulisan dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini akan mendukung kerja sama UII dengan Enago yang sudah terjalin.

Bukan hanya akun-akun berbasis pendidikan online, namun lisensi OS Windows hingga Microsoft Office juga disediakan bagi masing-masing sivitas akademik UII. Hal ini tentunya akan meningkatkan kemudahan dosen dan mahsiswa dalam mengoperasikan device masing-masing.

Layanan akademik online juga turut diberikan kepada mahasiswa Prodi Ahwal Syakshiyah. Dengan adanya layanan akademik online ini mahasiswa tetap bisa mendapatkan layanan  akademik walaupun sedang berada di rumah masing-masing tanpa harus datang ke kampus secara langsung. Turnitin sebagai layanan cek plagiasi juga diberikan lisensi khusus dari UII yang dapat diakses di semua prodi. Seluruh layanan dan informasi akademik dan kemahasiswaan dapat diakses secara integrated pada portal UII Gateway.

Kemudahan lain di masa pandemi yang diberikan oleh UII adalah potongan pembayaran SPP kepada seluruh mahasiswa di masa Covid 19 dan memberikan potongan tambahan bagi mahasiswa yang terdampak ekonominya karena covid sesuai sirkulasi terdampaknya, ringan, sedang, dan berat. Bantuan ini melengkapi program pemerintah berupa pemberian kuota kemdikbud. UII  juga aktif membantu dan mengkoordinasikan data sivitas akademik UII termasuk nomor Hp agar lebih mudah diberi bantuan kuota oleh pemerintah.

Berbagai fasilitas gratis yang disediakan di atas tentunya menjadi kelebihan tersendiri dalam mengikuti pembelajaran online di Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) Jurusan Studi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.